Google Image |
Dalam
perencanaan sebuah jembatan perlu adanya dasar-dasar dari perencanaan jembatan,
yakni analis pembebanan, analis pembebanan, serta perencanaan yang mendukung
bentuk bagaimana desain dari pada jembatan gantung maka direncanakan adalah
perencanaan kabel jembatan tersbut.
Pada sebuah
perencanaan bangunan jembatan tentu harus memperhitungkan pembebanan yang di
beban primer dan beban sekunder.
Pembagian beban primer dan beban
sekunder
Beban primer
terdiri atas:
1.
Beban
mati
2.
Beban
hidup
Beban
sekunder terdiri atas:
1.
Beban
angina
2.
Beban
gempa
3.
Beban
rem
4.
Beban
akibat susut dan rankak
5.
Beban
akibat perubahan temperature
6.
Beban
gesek pada tumpuan
7.
Beban
selama pekerjaan
Menganalis Kekuatan
Untuk
menganalisi kekuatan struktur dan komponen yang berhubugan dengan beban yang
direncanakan , pada setiap perencanaan tentu harus memperhitungkan kekuatan
serta tegangan yang di gunakan dan tidak boleh melebihi daya yang di dukung
pada pembebanan jembatan.
Apa
itu jembatan?
Jembatan merupakan
suatu bentuk bangunan yang melengkapi prasarana lalu lintas darat dengan
konstruksi yang terdiri dari pondasi, struktur pada jembatan bangunan yang
dibawah dan struktur jembatan yang diatas. Yang menghubungkan ujung jalan yang
terputus akibat bentuk terjadinya rintangan akibat konstruksi struktur bangunan
tersebut. Dalam pelaksanaan pekerjaannya jembatan tidak begitu mudah untuk
dimodifikasi dan biaya relatif mahal , juga mempengaruhi kelancaran lalulintas
pada saat pelaksanaan pengerjaan.
Umur
Jembatan
Bagaimana dengan umur
jembatan , pada umumnya jembatan mempunyai rencana umur yang akan dipergunakan
untuk menahan beban lalulintas . Untuk umur 100 tahun untuk jembatan yang
besar, sedangkan untuk rencana umur yang 50 tahun merupakan jembatan yang
minimum. Maka dari itu sangat di sarankan perlu memperhatikan kekuatan
dan kemampuan dalam menahan beban lalulintas serta pemeliharaan jembatan
tersebut.
Kemampuan
Jembatan
Untuk menjaga
kemampuan jembatan dengan tantangan lalulintas yang semakin bertambahnya zaman
sekarang akan bertambah dan bisa dibilang relatif besar. Pada umumnya
jika jembatan yang dibangun sudah tidak mampu menahan beban setelah dibangun
beberapa tahun dapat diatasi dengan menambah ruas jembatan ataupun pelebaran.
Sistem pelabaran sangat diperlukan dalam keadaan hati-hati dan dengan kesiapan
desain yang memang sudah matang untuk memudahkan pengerjaan konstruksi
jembatan.
Mungkin itu saja dan seperti biasa, Semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment