Monday, November 7, 2016

Dasar-dasar Jembatan

Google Image
Dalam perencanaan sebuah jembatan perlu adanya dasar-dasar dari perencanaan jembatan, yakni analis pembebanan, analis pembebanan, serta perencanaan yang mendukung bentuk bagaimana desain dari pada jembatan gantung maka direncanakan adalah perencanaan kabel jembatan tersbut.
Pada sebuah perencanaan bangunan jembatan tentu harus memperhitungkan pembebanan yang di beban primer dan beban sekunder.

Pembagian beban primer dan beban sekunder
Beban primer terdiri atas:
1.    Beban mati
2.    Beban hidup

Beban sekunder terdiri atas:
1.    Beban angina
2.    Beban gempa
3.    Beban rem
4.    Beban akibat susut dan rankak
5.    Beban akibat perubahan temperature
6.    Beban gesek pada tumpuan
7.    Beban selama pekerjaan

Menganalis Kekuatan
Untuk menganalisi kekuatan struktur dan komponen yang berhubugan dengan beban yang direncanakan , pada setiap perencanaan tentu harus memperhitungkan kekuatan serta tegangan yang di gunakan dan tidak boleh melebihi daya yang di dukung pada pembebanan jembatan.


Apa itu jembatan?
Jembatan merupakan suatu bentuk bangunan yang melengkapi prasarana lalu lintas darat dengan konstruksi yang terdiri dari pondasi, struktur pada jembatan bangunan yang dibawah dan struktur jembatan yang diatas. Yang menghubungkan ujung jalan yang terputus akibat bentuk terjadinya rintangan akibat konstruksi struktur bangunan tersebut. Dalam pelaksanaan pekerjaannya jembatan tidak begitu mudah untuk dimodifikasi dan biaya relatif mahal , juga mempengaruhi kelancaran lalulintas pada saat pelaksanaan pengerjaan.

Umur Jembatan
Bagaimana dengan umur jembatan , pada umumnya jembatan mempunyai rencana umur yang akan dipergunakan untuk menahan beban lalulintas . Untuk umur 100 tahun untuk jembatan yang besar, sedangkan untuk rencana umur yang 50 tahun merupakan jembatan yang minimum. Maka dari  itu sangat di sarankan perlu memperhatikan kekuatan dan kemampuan dalam menahan beban lalulintas serta pemeliharaan jembatan tersebut.

Kemampuan Jembatan
Untuk menjaga kemampuan jembatan dengan tantangan lalulintas yang semakin bertambahnya zaman sekarang akan bertambah dan bisa dibilang relatif besar.  Pada umumnya jika jembatan yang dibangun sudah tidak mampu menahan beban setelah dibangun beberapa tahun dapat diatasi dengan menambah ruas jembatan ataupun pelebaran. Sistem pelabaran sangat diperlukan dalam keadaan hati-hati dan dengan kesiapan desain yang memang sudah matang untuk memudahkan pengerjaan konstruksi jembatan.



Mungkin itu saja dan seperti biasa, Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment